Perbedaan dan Persamaan Pendekatan Pembelajaran, Strategi Pembelajaran dan Metode Pembelajaran

Nama Mahasiswa: Muniroh
Nomor Mahasiswa: A1C315002
Program Studi: Pendidikan Fisika
Mata Kuliah: Strategi Belajar Mengajar Fisika
Hari/Tanggal: Rabu/ 28 September 2016

Tugas: Apa perbedaan dan persamaan pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran dan metode pembelajaran ?
Jawab:
·         Pendekatan pembelajaran adalah cara pandang guru terhadap proses pembelajaran, yang di dalamnya terdapat strategi-strategi pembelajaran dengan segala teorinya.
·         Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dengan tujuan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Di dalam strategi pembelajaran terdapat perencanaan-perencanaan yang dibuat guru.
·         Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Ø  Perbedaan: Pendekatan pembelajaran pada intinya merupakan suatu tolak ukur yang sifatnya masih umum, pada tahap selanjutnya ada strategi pembelajaran yang harus direncanakan oleh guru agar mencapai tujuan yang sesuai, sedangkan metode pembelajaran sudah masuk ke penerapannya di dalam kelas, jadi metode pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan harus diperhatikan oleh guru karena metode ini merupakan pengaplikasian nyatanya di dalam kelas. Jadi pada intinya perbedaan antara pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran dan metode pembelajaran adalah pada pengertian dan tahap terjadinya saja, maksudnya pengertian pendekatan, strategi dan metode pembelajaran seperti yang sudah tertera diatas tentu berbeda, sedangkan perbedaan pada tahap terjadi maksudnya adalah penggunaannya, jika pendekatan pembelajaran masih sangat umum dan dianggap sebagai tolak ukur atau patokan selanjutnya strategi pembelajaran masih bersifat konseptual artinya bagaimana guru harus pandai memilih strategi pembelajaran  yang harus digunakan, serta metode pembelajaran yang merupakan implementasi nyata di kelas pada kegiatan belajar mengajar. 
Ø  Persamaan: persamaan antara pendekatan pembelajran, strategi pembelajaran dan metode pembelajaran adalah ketiga hal tersebut merupakan cara guru dalam menyusun atau merencanakan proses pembelajaran yang efektif bagi siswa, sehingga siswa mampu memahami pelajaran yang diajarkan serta dapat mecapai tujuan pembelajaran.

Komentar

Posting Komentar