Pengelolaan Laboratorium Fisika "Membuat Visi,Misi,Analisis SWOT dan Program Kerja untuk Laboratorium Fisika"


Nama: Muniroh
Nim: A1C315002
Program Studi: Pendidikan Fisika
Mata Kuliah: Pengelolaan Laboratorium Fisika

                                 A. Visi Laboratorium Fisika
Mewujudkan laboratorium fisika berbasis internasional dan menghasilkan lulusan yang unggul serta memiliki kognitif yang tinggi. 
               B.  Misi Laboratorium Fisika
1.      Meningkatkan pelayanan laboratorium agar siswa/siswi dapat melakukan kegiatan praktikum dengan nyaman.
2.      Melengkapi sarana yang dibutuhkan oleh gutu dan siswa/siswi untuk menunjang kegiatan praktikum.
                    C. Analisis SWOT
1.      Kekuatan
·         Gedung dan ruangan sangat memadai.
·         Banyak guru fisika yang bermutu.
·         Jumlah siswa/siswi mencukupi.
·         Laboratorium IPA (fisika,kimia,biologi) sudah terpisah dan memiliki ruangan masing-masing.
·         Ruangan laboratorium fisika sudah memiliki CCTV.
2.      Kelemahan
·         Banyak peralatan yang sudah rusak dan berkarat.
·         Sarana (seperti kursi) kurang memadai.
·         Alat yang ada kurang terawat.
3.      Peluang
·         Siswa/siswi lulusan IPA banyak dibutuhkan.
·         Lulusan IPA dapat mengambil jurusan yang cukup kompeten di Perguruan Tinggi.
4.      Hambatan
·         Siswa/siswi umunya kurang menerapkan dalam kehidupan sehari-hari teori-teori fisika yang telah dipraktekkan.
·         Siswa/siswi sering malas dalam menyimak dan menjelaskan demonstrasi guru saat kegiatan praktikum.
·         Siswa/siswi kurang tertib dan kondusif saat kegiatan praktikum. 
                            D. Program Kerja
A.    Rutin
1.      Praktikum Siswa
·         Jadwal harus dibuat dan dijalankan secara efektif.
·         Praktikum siswa harus benar-benar sesuai dengan buku penuntun yang telah ada.
·         Jika praktikum dibatalkan harus ada pemberitahuan secara luas kepada para siswa/siswi atau paling tidak ada konfirmasi antara guru, siswa dan tenaga laboratorium.
·         Saat melakukan praktikum setiap siswa harus sudah menguasai apakah materi yang akan dipraktikumkan dan mengerti apa yang akan dilakukan agar praktikum dapat berjalan lancar.
2.      Pemeliharaan Ruang dan Alat
·         Guru dan siswa/siswi harus bekerja sama dalam memelihara ruangan dan alat laboratorium agar laboratorium dapat menjalankan fungsinya dengan baik.
·         Laboratorium dan alat laboratorium harus dijaga dengan sebaik-baiknya.
·         Selalu menjaga kebersihan ruang laboratorium dan keutuhan alat-alat laboratorium.
·         Ruangan laboratorium harus dicek dan dibersihkan, khususnya sehabis digunakan praktikum.
·         Alat dan bahan harus dicek dengan jangka waktu berkala.
3.      Pengadaan Bahan/Zat
·         Bahan atau zat yang dibutuhkan harus ada, agar kegiatan praktikum dapat berjalan lancar.
·         Apabila bahan habis harus segera dilaporkan dan melakukan pengajuan agar kegiatan praktikum tidak mengalam kendala.
·         Supaya tidak dialami kehabisan bahan, seharusnya barang memiliki stok cadang yang mencukupi.
B.     Pengembangan
1.      Personalian
·         Setiap pengelola laboratorium harus memiliki standar kualifikasi pendidikan.
·         Tidak hanya memiliki standar kualifikasi yang mencukupi, seorang pengelola laboratorium harus benar-benar memahami bidang kerjanya.
·         Setiap pengelola laboratorium harus bertanggung jawab penuh atas tugasnya mesing-masing.
·         Tenaga laboratorium harus dapat bekerja sama dengan pihak lain secara baik
2.      Sarana dan Prasarana
·         Sarana harus lebih dilengkapi agar terciptanya kegiatan praktikum yang memberikan kenyamanan pada siswa/siswi.
·         Setiap ruangan laboratorium harus dilengkapi sarana umum yang dapat digunakan agar semakin menunjang kegiatan praktikum.
·         Ruangan laboratorium harus fisika seminimalnya harus dibagi menjadi 3 bagian ruangan yaitu: ruang simpan, ruang persiapan dan ruangan praktikum.


Komentar