Pengelolaan Laboratorium Fisika "Membuat Visi,Misi,Analisis SWOT dan Program Kerja untuk Laboratorium Fisika"
Nama: Muniroh
Nim: A1C315002
Program Studi: Pendidikan Fisika
Mata Kuliah: Pengelolaan Laboratorium
Fisika
A. Visi Laboratorium Fisika
A. Visi Laboratorium Fisika
Mewujudkan laboratorium fisika
berbasis internasional dan menghasilkan lulusan yang unggul serta memiliki
kognitif yang tinggi.
B. Misi Laboratorium Fisika
B. Misi Laboratorium Fisika
1. Meningkatkan
pelayanan laboratorium agar siswa/siswi dapat melakukan kegiatan praktikum
dengan nyaman.
2. Melengkapi
sarana yang dibutuhkan oleh gutu dan siswa/siswi untuk menunjang kegiatan
praktikum.
C. Analisis SWOT
C. Analisis SWOT
1. Kekuatan
·
Gedung dan ruangan sangat memadai.
·
Banyak guru fisika yang bermutu.
·
Jumlah siswa/siswi mencukupi.
·
Laboratorium IPA (fisika,kimia,biologi)
sudah terpisah dan memiliki ruangan masing-masing.
·
Ruangan laboratorium fisika sudah
memiliki CCTV.
2. Kelemahan
·
Banyak peralatan yang sudah rusak dan
berkarat.
·
Sarana (seperti kursi) kurang memadai.
·
Alat yang ada kurang terawat.
3. Peluang
·
Siswa/siswi lulusan IPA banyak
dibutuhkan.
·
Lulusan IPA dapat mengambil jurusan yang
cukup kompeten di Perguruan Tinggi.
4. Hambatan
·
Siswa/siswi umunya kurang menerapkan dalam
kehidupan sehari-hari teori-teori fisika yang telah dipraktekkan.
·
Siswa/siswi sering malas dalam menyimak
dan menjelaskan demonstrasi guru saat kegiatan praktikum.
·
Siswa/siswi kurang tertib dan kondusif
saat kegiatan praktikum.
D. Program Kerja
D. Program Kerja
A. Rutin
1. Praktikum
Siswa
·
Jadwal harus dibuat dan dijalankan
secara efektif.
·
Praktikum siswa harus benar-benar sesuai
dengan buku penuntun yang telah ada.
·
Jika praktikum dibatalkan harus ada
pemberitahuan secara luas kepada para siswa/siswi atau paling tidak ada
konfirmasi antara guru, siswa dan tenaga laboratorium.
·
Saat melakukan praktikum setiap siswa
harus sudah menguasai apakah materi yang akan dipraktikumkan dan mengerti apa
yang akan dilakukan agar praktikum dapat berjalan lancar.
2. Pemeliharaan
Ruang dan Alat
·
Guru dan siswa/siswi harus bekerja sama
dalam memelihara ruangan dan alat laboratorium agar laboratorium dapat
menjalankan fungsinya dengan baik.
·
Laboratorium dan alat laboratorium harus
dijaga dengan sebaik-baiknya.
·
Selalu menjaga kebersihan ruang
laboratorium dan keutuhan alat-alat laboratorium.
·
Ruangan laboratorium harus dicek dan
dibersihkan, khususnya sehabis digunakan praktikum.
·
Alat dan bahan harus dicek dengan jangka
waktu berkala.
3. Pengadaan
Bahan/Zat
·
Bahan atau zat yang dibutuhkan harus
ada, agar kegiatan praktikum dapat berjalan lancar.
·
Apabila bahan habis harus segera
dilaporkan dan melakukan pengajuan agar kegiatan praktikum tidak mengalam
kendala.
·
Supaya tidak dialami kehabisan bahan,
seharusnya barang memiliki stok cadang yang mencukupi.
B. Pengembangan
1. Personalian
·
Setiap pengelola laboratorium harus
memiliki standar kualifikasi pendidikan.
·
Tidak hanya memiliki standar kualifikasi
yang mencukupi, seorang pengelola laboratorium harus benar-benar memahami
bidang kerjanya.
·
Setiap pengelola laboratorium harus
bertanggung jawab penuh atas tugasnya mesing-masing.
·
Tenaga laboratorium harus dapat bekerja
sama dengan pihak lain secara baik
2. Sarana
dan Prasarana
·
Sarana harus lebih dilengkapi agar
terciptanya kegiatan praktikum yang memberikan kenyamanan pada siswa/siswi.
·
Setiap ruangan laboratorium harus
dilengkapi sarana umum yang dapat digunakan agar semakin menunjang kegiatan
praktikum.
·
Ruangan laboratorium harus fisika
seminimalnya harus dibagi menjadi 3 bagian ruangan yaitu: ruang simpan, ruang
persiapan dan ruangan praktikum.
Komentar
Posting Komentar