Contoh Tujuan Pembelajaran instruksional Kognitif, Psikomotor, dan Afektif pada Materi Fisika,

Nama Mahasiswa: Muniroh
Nomor Mahasiswa: A1C315002
Program Studi: Pendidikan Fisika
Mata Kuliah: Strategi Belajar Mengajar Fisika
Hari/Tanggal: Rabu/ 05 Oktober 2016
Tugas: Buatlah contoh tujuan pembelajaran instruksional kognitif, psikomotor dan afektif?
Jawab:
A.    Tujuan pembelajaran instruksional kognitif
C1 = Pengetahuan
             Setelah dijelaskan, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri gelombang secara umum dengan benar.
C2 = Pemahaman
             Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menghitung data hasil percobaan menggunakan prinsip interferensi gelombang cahaya dengan benar.
C3= penerapan
             Setelah dipelajari, siwa mampu mengaitkan hubungan radiasi elektromagnetik dengan kehidupan sehari-hari dan pemanfaatannya dalam teknologi secara benar.
C4 = Analisis
             Setelah dijelaskan, siswa mampu menganalisis parameter gelombang tegak dan gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata dengan baik dan benar.
C5 = Sintesis
             Setelah dipelajari, siswa mampu merumuskan induksi listrik dan induksi elektromagnetik serta penerapannya dengan benar.
C6 = Penilaian/evaluasi
             Berdasarkan apa yang telah dipelajari mahasiswa mampu membuktikan hubungan fluida dinamis dengan kehidupan sehari-hari secara benar.
B.     Tujuan pembelajaran instruksional psikomotor
P1 = Meniru
             Siswa mampu mengulangi melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya, massa dan percepatan gerak lurus dengan benar.
P2 = Memanipulasi
             Siswa dapat mendemonstrasikan percobaan untuk menyelidiki karakteristik rangkaian arus searah (DC) dengan baik dan benar.
P3 = Pengalamiahan/ Ketepatan gerak
             Untuk mengukur kedalaman tabung reaksi, siswa dapat menggunakan jangka sorong dengan tepat.
P4 = Artikulasi
             Siswa dapat menggunakan galvanometer secara terkoordinasi dan lancar.
P5 = Naturalisasi
             Siswa dapat mengoperasikan osiloskop secara otomatis dan dengan lancar.
C.     Penilaian pembelajaran instruksional afektif
A1 = Menerima
             Selama kegiatan praktikum berlansung, siswa mampu mengikuti dan mematuhi peraturan dengan baik.
A2 = Menanggapi/ Memberi respon
             Siswa mampu menjawab pertanyaan tentang pengaruh kalor dan perpindahan kalor secara benar.
A3 = Menilai
             Dalam kegiatan pembelajaran, siswa mampu mengemukakan argumentasi dengan baik.
A4 = Mengelola/ Organisasi
             Siswa mampu memutuskan hal yang baik dan mempertahankan pendapatnya jika benar dalam kegiatan pembelajaran secara baik.
A5 = Menghayati/ Pengamalan
             Siswa mampu menunjukkan contoh penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan benar.

Komentar