Nama Mahasiswa:
Muniroh
Nomor
Mahasiswa: A1C315002
Program
Studi: Pendidikan Fisika
Mata
Kuliah: Strategi Belajar Mengajar Fisika
Hari/Tanggal:
Rabu/ 05 Oktober 2016
Tugas:
Buatlah contoh tujuan pembelajaran instruksional kognitif, psikomotor dan
afektif?
Jawab:
A.
Tujuan pembelajaran instruksional kognitif
C1
= Pengetahuan
Setelah dijelaskan, siswa mampu menyebutkan
ciri-ciri gelombang secara umum dengan benar.
C2
= Pemahaman
Setelah melakukan percobaan, siswa
mampu menghitung data hasil percobaan menggunakan prinsip interferensi
gelombang cahaya dengan benar.
C3=
penerapan
Setelah dipelajari, siwa mampu mengaitkan
hubungan radiasi elektromagnetik dengan kehidupan sehari-hari dan
pemanfaatannya dalam teknologi secara benar.
C4
= Analisis
Setelah dijelaskan, siswa mampu menganalisis
parameter gelombang tegak dan gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata
dengan baik dan benar.
C5
= Sintesis
Setelah dipelajari, siswa mampu merumuskan
induksi listrik dan induksi elektromagnetik serta penerapannya dengan benar.
C6
= Penilaian/evaluasi
Berdasarkan apa yang telah
dipelajari mahasiswa mampu membuktikan hubungan fluida dinamis dengan
kehidupan sehari-hari secara benar.
B. Tujuan
pembelajaran instruksional psikomotor
P1
= Meniru
Siswa mampu mengulangi
melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya, massa dan
percepatan gerak lurus dengan benar.
P2
= Memanipulasi
Siswa dapat mendemonstrasikan
percobaan untuk menyelidiki karakteristik rangkaian arus searah (DC) dengan
baik dan benar.
P3
= Pengalamiahan/ Ketepatan gerak
Untuk mengukur kedalaman tabung
reaksi, siswa dapat menggunakan jangka sorong dengan tepat.
P4
= Artikulasi
Siswa dapat menggunakan
galvanometer secara terkoordinasi dan lancar.
P5
= Naturalisasi
Siswa dapat mengoperasikan
osiloskop secara otomatis dan dengan lancar.
C. Penilaian
pembelajaran instruksional afektif
A1
= Menerima
Selama kegiatan praktikum
berlansung, siswa mampu mengikuti dan mematuhi peraturan dengan baik.
A2
= Menanggapi/ Memberi respon
Siswa mampu menjawab
pertanyaan tentang pengaruh kalor dan perpindahan kalor secara benar.
A3
= Menilai
Dalam kegiatan pembelajaran, siswa
mampu mengemukakan argumentasi dengan baik.
A4
= Mengelola/ Organisasi
Siswa mampu memutuskan hal
yang baik dan mempertahankan pendapatnya jika benar dalam kegiatan pembelajaran
secara baik.
A5
= Menghayati/ Pengamalan
Siswa mampu menunjukkan
contoh penerapan hukum-hukum Newton dalam kehidupan sehari-hari dengan baik dan
benar.
Komentar
Posting Komentar