NAMA : MUNIROH
NIM
: A1C315002
MK
: PENGELOLAAN PENDIDIKAN
1.
Jelaskan menurut pendapat anda
bagaimanakah pendidikan yang baik terutama dalam perkembangan ilmu fisika?
Jawab:
Menurut
saya pendidikan yang baik terutama dalam perkembangan ilmu fisika adalah dimana
ada komponen yang baik pula di dalamnya. Sebelumnya pendidikan adalah kegiatan
yang dimana memuat kegiatan belajar dan mengajar di dalamnya. Jadi pendidikan
yang baik adalah terciptanya atau terkondisikannya kegiatan belajar mengajar
yang baik. Sedangkan tidak dapat dipungkiri ilmu fisika memang selalu
berkembang dari masa ke masa. Jadi pendidikan yang baik terutama dalam
perkembangan ilmu fisika adalah tersesuaikannya kegiatan belajar mengajar yang
baik dalam perkembangan ilmu fisika. Maksudnya semua komponen dalam kegiatan
belajar mengajar yaitu siswa, guru, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran,
metode pembelajaran, dan media serta evaluasi harus baik pula. Guru yang
merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar tentu harus
guru yang benar-benar paham tentang fisika atau secara formal dinyatakan
sebagai sarjana lulusan fisika. Selain itu guru juga harus memiliki konsep atau
cara mengajar serta metode yang baik agar materi fisika yang disampaikan
terkesan berkembang dan dapat dipahami oleh dipahami. Misalnya guru dapat
menerapkan metode yang cocok untuk belajar materi tertentu, semisal metode
diskusi dengan metode yang menarik maka ilmu fisika akan cepat sampai kepada
siswa. Selain itu guru juga dapat menyampaikan cara mengajar fisika dengan
pendekatan kontekstual yang artinya menghubungkannya dengan kehidupan
sehari-hari, dengan pengalaman atau kehidupan sehari-hari tentu siswa akan
menyerap materi dengan mudah. Jika materi telah tersampaikan dengan baik, maka akan berkembang ilmu
fisika. Artinya akan baik pula untuk generasi berikutnya. Jadi dapat
disimpulkan, pendidikan yang baik terutama dalam perkembangan ilmu fisika
adalah adanya kecenderungan baik untuk komponen didalamnya. Dimana terjadi
kesinkronan antar komponen, yang terpenting adalah guru dan siswa yang harus
saling bekerja sama dan melengkapi. Jika seorang guru menyampaikan materi
dengan baik maka siswa akan mengaplikasikannya dengan baik pula. Nah disinilah
pendidikan yang baik dalam perkembangan ilmu fisika.
2.
Jika nanti anda menjadi seorang pemimpin
pada satuan tingkat pendidikan, bagaimana anda mengatasi jika ada bawahan anda
yang tidak suka dengan cara kepemimpinan anda!
Jawab:
Menurut
saya mengatasi jika ada bawahan yang tidak suka dengan saya adalah dengan dua
hal penting. Yang pertama saya akan introspeksi diri, yaitu dengan berfikir
kembali apa yang salah dari diri saya sehingga ada bawahan yang mungkin tidak
suka dengan saya, karena ketidaksukaan tentu timbul karena ada hal yang salah,
kurang cocok atau tidak berkenan dan bahkan mungkin menyinggungnya.
Mengintrospeksi diri juga saya lakukan dengan sebisa mungkin mengingat apa yang
telah saya lakukan selama saya menjadi pemimpin. Karena menjadi pemimpin bukan
merupakan hal yang mudah, dimana salahsatu fungsi pemimpin yaitu dapat membantu
terciptanya suasana persaudaraan, kerjasama, dengan penuh rasa kebebasan.
Sedangkan bila ada yang tidak suka tentu rasa persaudaraan dan kerja sama itu
mungkin memudar dan akan sulit jika
ingin mecapai suatu tujuan tertentu. Hal yang akan saya lakukan yang kedua
adalah dengan menanyakan kepada orang tersebut, orang yang tidak suka dengan
cara kepemimpinan saya tersebut. Mengapa ia bisa tidak suka dengan saya,
mungkin hal itu tidak wajar, apalagi jika saya menanyakannya pada forum diskusi
umum atau didepan orang banyak. Saya sebisa mungkin mengajaknya untuk berbicara
berdua atau tidak di forum diskusi umum. Dengan berbicara yang sifatnya lebih
pribadi tentu seseorang akan lebih terbuka. Disinilah saya dapat mengkoreksi
kesalahan apabila memang selama saya menjadi pemimpin terdapat kesalahan. Namun
disisi lain sebagai seorang pemimpin kita juka harus terbuka terhadap saran
atau masukan dari bawahan, agara kita dapat menjadi pemimpin yang baik. Jadi
intinya, untuk menghadapi jika ada bawahan yang tidak suka dengancara
kepemimpinan saya adalah dengan mengoreksi apa yang salah dari cara tersebut
dan selau menerima masukan dari bawahan, serta tidak mentup kemungkinan akan
dilakukan perubahan terhadap cara kepemimpinan tersebut jika memang tidak cocok
ataupun salah.
3.
Menurut anda apa manfaatnya manajemen
pendidikan, jelaskan disertai dengan contoh!
Jawab:
Menurut
saya manfaat manajemen pendidikan adalah agar terciptanya pendidikan yang lebih
baik. Manajemen berarti pengelolaan sedangkan pendidikan berarti ada kegiatan
belajar mengajar didalamnya. Manfaat manajemen pendidikan memang begitu
penting, jika tidak ada manajemen yang baik bisa dipastikan tidak akan baik
pula pendidikannya. Contoh manfaat manajemen pendidikan salahsatunya adalah
sebagai acuan dalam penetapan anggaran pendidikan. Dimana penetapan anggaran
ataupun segala hal yang berkaitan dengan keuangan harus dimanajemen atau
dikelola dengan baik. Dijadikan acuan atau patokan artinya ada penuntunnya
dimana tidak sembarang saja untuk hal penganggaran. Dengan pemanajemenan
penetapan anggaran pendidikan yang baik maka akan tercipta pendidikan yang
baik. Jika tidak ada acuan dalam penetapan anggaran pendidikan lebih nyatanya
lagi sebuah instansi pendidikan ataupun sekolah akan kekurangan dana, dan
menyebabkan sekolah kurang beberapa fasilitas akan berdampak pada tidak
termaksimalkannya kegiatan belajar disekolah tersebut. Tidak adanya acuan yang
baik juga contoh yang sangat dekat adalah terjadinya korupsi yang mungkin
dilakukan oleh orang yang berada dalam sekolah itu sendiri, misalkan korupsi
dilakukan seorang guru ataupun kepala sekolah bahkan. Disinilah terlihat bahwa
tidak termaksimalkannya manfaat pendidikan yang contohnya dijadikan acuan untuk
anggaran pendidikan. Disini pula telihat nyata manfaat manajemen pendidikan
yaitu tercipta pendidikan yang baik. Pemanjemenan pendidikan begitu memiliki
dampak penting, bisa dibayangkan jika tida akan manajemen atau pengelolaan
pendidikan maka akan kurang baik pendidikan tersebut. Hancur tidak tapi hanya
saja kurang terarah. Pada intinya berarti manfaat manajemen pendidikan
sangatlah penting.
4.
Dalam mencapai pendidikan yang lebih
baik, perlu memperhatikan kebudayaan lokal. Berikanlah contoh kebudayaan lokal
yang berhubungan dengan perbaikan pendidikan!
Jawab:
Kebudayaan
lokal yang berhubungan dengan perbaikan pendidikan adalah tarian daerah.
Indonesia tentu terkenal dengan tarian daerah, hampir disetiap provinsi
memiliki tarian yang khas dan tentunya berbeda. Hubungan antara tarian daerah
dan perbaikan pendidikan adalah adalah nilai yang terkandung dalam tarian
tersebut. Dalam tarian daerah yang umumnya terdiri dari banyak orang dapat
diambil nilai kerjasama, kekompakan, kegigihan dan toleransi. Untuk nilai
kerjasama tentu diperoleh dimana misal diadakan kegiatan latihan setiap hari
tentu harus ada kerjasama yang baik agar semua dapat hadir dan tekoordinasi
serta selalu kompak. Sedangkan nilai kegigihan dan toleransi juga dapat
diambil, toleransi dapat timbul jika semisal salahsatu anggota grup memang
harus atau benar-benar tidak dapat hadir karena da urusan yang sangat mendesak
dan penting dan penting sebagai anggota lain harus mentoleransinya. Tidak
memenangkan egoisasi atau memenangkan diri sendiri. Dalam hal ini berarti
memang kebudayaan berperan penting untuk perbaikan pendidikan. Karena terdapat
nilai-nilai penting dalam kebudayaan tersebut. Pembelajaran dengan didalamnya budaya merupakan penciptaan
lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang menggabungkan budaya
sebagai bagian dari proses pembelajaran. Dalam pembelajaran dengan budaya,
budaya sebagai alat bagi proses belajar untuk memotivasi siswa dalam
mengaplikasikan pengetahuan, bekerja secara baik, dan mengkaitkannya dengan
materi pelajaran. Jadi pada intinya kebudayaan local berperan penting untuk
pendidikan, yang saya ambil contoh adalah tarian daerah yang memang banyak
mengandung nilai penting yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk perbaikan
pendidikan.
5. Berikan pendapat anda bagaimana
mengawasi agar tujuan, pelaksanaan, dan hasil dari suatu pendidikan berjalan
sesuai yang direncanakan!
Jawab:
Menurut saya untuk mengawasi agar tujuan, pelaksanaan, dan
hasil dari suatu pendidikan berjalan sesuai yang direncanakan adalah
dimaksimalkannya lembaga atau instansi pengawasnya. Selain itu dengan dasar
mengetahui apa tujuan dari pendidikan tersebut juga dapat menjadi suatu solusi
agar terawasinya tujuan, pelaksanaan dan hasil dari pendidikan berjalan sesuai
yang direncanakan. Jika sudah diketahui tujuan pendidikan tentu dapat
dilaksanakan dengan baik agar tercipta hasil yang baik pula. Dengan pengetahuan
tujuan yang maksimal dapat disusun rencana yang sesuai. Untuk sistem pengawasan
secara formal biasanya dilakukan oleh pihak dinas pendidikan yang ada disetiap
daerah atau kota yang lebih tingginya lagi diawasi oleh pihak kementrian
pendidikan Republik Indonesia. Disini berarti untuk mengawasi agar tujuan,
pelaksanaan, dan hasil dari suatu pendidikan berjalan sesuai yang direncanakan
adalah terciptanya kejujuran dan kerjasama antar setiap anggota dalam suatu
instansi atau lembaga maupun anatar lembaga satu dengan lembaga lainnya.
Maksudnya kejujuran dapat dijadikan fondasi utama untuk kerjasama dan kerjasama
dapat dijadikan tonggak untuk pengawsan pendidikan tersebut. Untuk menciptakan
sebuah pengawasan yang optimal harus ada kerjasama antar tim dan setiap orang
dalam tim tersebut harus benar-benar bekerja secara maksimal serta dapat
diandalkan. Jadi pada intinya cara untuk mengawasi agar tujuan, pelaksanaan,
dan hasil dari suatu pendidikan berjalan sesuai yang direncanakan adalah dengan
mengkoordinir lembaga pengawasnya, lebih dalam lagi masuk kedalam per
anggotanya harus ada kepercayaan dan kerjasama yang baik. Setelah terjalin hububgan
kerjasama dalam tim yang baik maka harus ada pula kerja sama antar lembaga,
misalnya antara dinas pendidikan kota atau daerah dengan sekolah harus ada
kerja sama yang baik, dengan kerjasama maka pengawasannya menjadi baik pula.
Komentar
Posting Komentar