Tugas Ujian Tengah Semester MataKuliah: Pengelolaan Pendidikan



NAMA : MUNIROH
NIM : A1C315002
MK : PENGELOLAAN PENDIDIKAN

1.      Jelaskan menurut pendapat anda bagaimanakah pendidikan yang baik terutama dalam perkembangan ilmu fisika?
Jawab:
Menurut saya pendidikan yang baik terutama dalam perkembangan ilmu fisika adalah dimana ada komponen yang baik pula di dalamnya. Sebelumnya pendidikan adalah kegiatan yang dimana memuat kegiatan belajar dan mengajar di dalamnya. Jadi pendidikan yang baik adalah terciptanya atau terkondisikannya kegiatan belajar mengajar yang baik. Sedangkan tidak dapat dipungkiri ilmu fisika memang selalu berkembang dari masa ke masa. Jadi pendidikan yang baik terutama dalam perkembangan ilmu fisika adalah tersesuaikannya kegiatan belajar mengajar yang baik dalam perkembangan ilmu fisika. Maksudnya semua komponen dalam kegiatan belajar mengajar yaitu siswa, guru, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media serta evaluasi harus baik pula. Guru yang merupakan salah satu komponen penting dalam kegiatan belajar mengajar tentu harus guru yang benar-benar paham tentang fisika atau secara formal dinyatakan sebagai sarjana lulusan fisika. Selain itu guru juga harus memiliki konsep atau cara mengajar serta metode yang baik agar materi fisika yang disampaikan terkesan berkembang dan dapat dipahami oleh dipahami. Misalnya guru dapat menerapkan metode yang cocok untuk belajar materi tertentu, semisal metode diskusi dengan metode yang menarik maka ilmu fisika akan cepat sampai kepada siswa. Selain itu guru juga dapat menyampaikan cara mengajar fisika dengan pendekatan kontekstual yang artinya menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari, dengan pengalaman atau kehidupan sehari-hari tentu siswa akan menyerap materi dengan mudah. Jika materi telah tersampaikan  dengan baik, maka akan berkembang ilmu fisika. Artinya akan baik pula untuk generasi berikutnya. Jadi dapat disimpulkan, pendidikan yang baik terutama dalam perkembangan ilmu fisika adalah adanya kecenderungan baik untuk komponen didalamnya. Dimana terjadi kesinkronan antar komponen, yang terpenting adalah guru dan siswa yang harus saling bekerja sama dan melengkapi. Jika seorang guru menyampaikan materi dengan baik maka siswa akan mengaplikasikannya dengan baik pula. Nah disinilah pendidikan yang baik dalam perkembangan ilmu fisika.

2.      Jika nanti anda menjadi seorang pemimpin pada satuan tingkat pendidikan, bagaimana anda mengatasi jika ada bawahan anda yang tidak suka dengan cara kepemimpinan anda!
Jawab:
Menurut saya mengatasi jika ada bawahan yang tidak suka dengan saya adalah dengan dua hal penting. Yang pertama saya akan introspeksi diri, yaitu dengan berfikir kembali apa yang salah dari diri saya sehingga ada bawahan yang mungkin tidak suka dengan saya, karena ketidaksukaan tentu timbul karena ada hal yang salah, kurang cocok atau tidak berkenan dan bahkan mungkin menyinggungnya. Mengintrospeksi diri juga saya lakukan dengan sebisa mungkin mengingat apa yang telah saya lakukan selama saya menjadi pemimpin. Karena menjadi pemimpin bukan merupakan hal yang mudah, dimana salahsatu fungsi pemimpin yaitu dapat membantu terciptanya suasana persaudaraan, kerjasama, dengan penuh rasa kebebasan. Sedangkan bila ada yang tidak suka tentu rasa persaudaraan dan kerja sama itu mungkin memudar dan akan sulit  jika ingin mecapai suatu tujuan tertentu. Hal yang akan saya lakukan yang kedua adalah dengan menanyakan kepada orang tersebut, orang yang tidak suka dengan cara kepemimpinan saya tersebut. Mengapa ia bisa tidak suka dengan saya, mungkin hal itu tidak wajar, apalagi jika saya menanyakannya pada forum diskusi umum atau didepan orang banyak. Saya sebisa mungkin mengajaknya untuk berbicara berdua atau tidak di forum diskusi umum. Dengan berbicara yang sifatnya lebih pribadi tentu seseorang akan lebih terbuka. Disinilah saya dapat mengkoreksi kesalahan apabila memang selama saya menjadi pemimpin terdapat kesalahan. Namun disisi lain sebagai seorang pemimpin kita juka harus terbuka terhadap saran atau masukan dari bawahan, agara kita dapat menjadi pemimpin yang baik. Jadi intinya, untuk menghadapi jika ada bawahan yang tidak suka dengancara kepemimpinan saya adalah dengan mengoreksi apa yang salah dari cara tersebut dan selau menerima masukan dari bawahan, serta tidak mentup kemungkinan akan dilakukan perubahan terhadap cara kepemimpinan tersebut jika memang tidak cocok ataupun salah.




3.      Menurut anda apa manfaatnya manajemen pendidikan, jelaskan disertai dengan contoh!
Jawab:  
Menurut saya manfaat manajemen pendidikan adalah agar terciptanya pendidikan yang lebih baik. Manajemen berarti pengelolaan sedangkan pendidikan berarti ada kegiatan belajar mengajar didalamnya. Manfaat manajemen pendidikan memang begitu penting, jika tidak ada manajemen yang baik bisa dipastikan tidak akan baik pula pendidikannya. Contoh manfaat manajemen pendidikan salahsatunya adalah sebagai acuan dalam penetapan anggaran pendidikan. Dimana penetapan anggaran ataupun segala hal yang berkaitan dengan keuangan harus dimanajemen atau dikelola dengan baik. Dijadikan acuan atau patokan artinya ada penuntunnya dimana tidak sembarang saja untuk hal penganggaran. Dengan pemanajemenan penetapan anggaran pendidikan yang baik maka akan tercipta pendidikan yang baik. Jika tidak ada acuan dalam penetapan anggaran pendidikan lebih nyatanya lagi sebuah instansi pendidikan ataupun sekolah akan kekurangan dana, dan menyebabkan sekolah kurang beberapa fasilitas akan berdampak pada tidak termaksimalkannya kegiatan belajar disekolah tersebut. Tidak adanya acuan yang baik juga contoh yang sangat dekat adalah terjadinya korupsi yang mungkin dilakukan oleh orang yang berada dalam sekolah itu sendiri, misalkan korupsi dilakukan seorang guru ataupun kepala sekolah bahkan. Disinilah terlihat bahwa tidak termaksimalkannya manfaat pendidikan yang contohnya dijadikan acuan untuk anggaran pendidikan. Disini pula telihat nyata manfaat manajemen pendidikan yaitu tercipta pendidikan yang baik. Pemanjemenan pendidikan begitu memiliki dampak penting, bisa dibayangkan jika tida akan manajemen atau pengelolaan pendidikan maka akan kurang baik pendidikan tersebut. Hancur tidak tapi hanya saja kurang terarah. Pada intinya berarti manfaat manajemen pendidikan sangatlah penting.



4.      Dalam mencapai pendidikan yang lebih baik, perlu memperhatikan kebudayaan lokal. Berikanlah contoh kebudayaan lokal yang berhubungan dengan perbaikan pendidikan!
Jawab:
Kebudayaan lokal yang berhubungan dengan perbaikan pendidikan adalah tarian daerah. Indonesia tentu terkenal dengan tarian daerah, hampir disetiap provinsi memiliki tarian yang khas dan tentunya berbeda. Hubungan antara tarian daerah dan perbaikan pendidikan adalah adalah nilai yang terkandung dalam tarian tersebut. Dalam tarian daerah yang umumnya terdiri dari banyak orang dapat diambil nilai kerjasama, kekompakan, kegigihan dan toleransi. Untuk nilai kerjasama tentu diperoleh dimana misal diadakan kegiatan latihan setiap hari tentu harus ada kerjasama yang baik agar semua dapat hadir dan tekoordinasi serta selalu kompak. Sedangkan nilai kegigihan dan toleransi juga dapat diambil, toleransi dapat timbul jika semisal salahsatu anggota grup memang harus atau benar-benar tidak dapat hadir karena da urusan yang sangat mendesak dan penting dan penting sebagai anggota lain harus mentoleransinya. Tidak memenangkan egoisasi atau memenangkan diri sendiri. Dalam hal ini berarti memang kebudayaan berperan penting untuk perbaikan pendidikan. Karena terdapat nilai-nilai penting dalam kebudayaan tersebut. Pembelajaran dengan didalamnya budaya merupakan penciptaan lingkungan belajar dan perancangan pengalaman belajar yang menggabungkan budaya sebagai bagian dari proses pembelajaran. Dalam pembelajaran dengan budaya, budaya sebagai alat bagi proses belajar untuk memotivasi siswa dalam mengaplikasikan pengetahuan, bekerja secara baik, dan mengkaitkannya dengan materi pelajaran. Jadi pada intinya kebudayaan local berperan penting untuk pendidikan, yang saya ambil contoh adalah tarian daerah yang memang banyak mengandung nilai penting yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk perbaikan pendidikan.

5.      Berikan pendapat anda bagaimana mengawasi agar tujuan, pelaksanaan, dan hasil dari suatu pendidikan berjalan sesuai yang direncanakan!
Jawab:
Menurut saya untuk mengawasi agar tujuan, pelaksanaan, dan hasil dari suatu pendidikan berjalan sesuai yang direncanakan adalah dimaksimalkannya lembaga atau instansi pengawasnya. Selain itu dengan dasar mengetahui apa tujuan dari pendidikan tersebut juga dapat menjadi suatu solusi agar terawasinya tujuan, pelaksanaan dan hasil dari pendidikan berjalan sesuai yang direncanakan. Jika sudah diketahui tujuan pendidikan tentu dapat dilaksanakan dengan baik agar tercipta hasil yang baik pula. Dengan pengetahuan tujuan yang maksimal dapat disusun rencana yang sesuai. Untuk sistem pengawasan secara formal biasanya dilakukan oleh pihak dinas pendidikan yang ada disetiap daerah atau kota yang lebih tingginya lagi diawasi oleh pihak kementrian pendidikan Republik Indonesia. Disini berarti untuk mengawasi agar tujuan, pelaksanaan, dan hasil dari suatu pendidikan berjalan sesuai yang direncanakan adalah terciptanya kejujuran dan kerjasama antar setiap anggota dalam suatu instansi atau lembaga maupun anatar lembaga satu dengan lembaga lainnya. Maksudnya kejujuran dapat dijadikan fondasi utama untuk kerjasama dan kerjasama dapat dijadikan tonggak untuk pengawsan pendidikan tersebut. Untuk menciptakan sebuah pengawasan yang optimal harus ada kerjasama antar tim dan setiap orang dalam tim tersebut harus benar-benar bekerja secara maksimal serta dapat diandalkan. Jadi pada intinya cara untuk mengawasi agar tujuan, pelaksanaan, dan hasil dari suatu pendidikan berjalan sesuai yang direncanakan adalah dengan mengkoordinir lembaga pengawasnya, lebih dalam lagi masuk kedalam per anggotanya harus ada kepercayaan dan kerjasama yang baik. Setelah terjalin hububgan kerjasama dalam tim yang baik maka harus ada pula kerja sama antar lembaga, misalnya antara dinas pendidikan kota atau daerah dengan sekolah harus ada kerja sama yang baik, dengan kerjasama maka pengawasannya menjadi baik pula.

Komentar