- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Postingan Populer
Perbedaan dan Persamaan Pendekatan Pembelajaran, Strategi Pembelajaran dan Metode Pembelajaran
Nama Mahasiswa: Muniroh Nomor Mahasiswa: A1C315002 Program Studi: Pendidikan Fisika Mata Kuliah: Strategi Belajar Mengajar Fisika Hari/Tanggal: Rabu/ 28 September 2016 Tugas: Apa perbedaan dan persamaan pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran dan metode pembelajaran ? Jawab: · Pendekatan pembelajaran adalah cara pandang guru terhadap proses pembelajaran, yang di dalamnya terdapat strategi-strategi pembelajaran dengan segala teorinya. · Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru dengan tujuan proses pembelajaran yang berlangsung di kelas dapat mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Di dalam strategi pembelajaran terdapat perencanaan-perencanaan yang dibuat guru. · Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran. Ø Perbedaan: Pendekatan pembelaja
Contoh Tujuan Pembelajaran instruksional Kognitif, Psikomotor, dan Afektif pada Materi Fisika,
Nama Mahasiswa: Muniroh Nomor Mahasiswa: A1C315002 Program Studi: Pendidikan Fisika Mata Kuliah: Strategi Belajar Mengajar Fisika Hari/Tanggal: Rabu/ 05 Oktober 2016 Tugas: Buatlah contoh tujuan pembelajaran instruksional kognitif, psikomotor dan afektif? Jawab: A. Tujuan pembelajaran instruksional kognitif C1 = Pengetahuan Setelah dijelaskan, siswa mampu menyebutkan ciri-ciri gelombang secara umum dengan benar. C2 = Pemahaman Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menghitung data hasil percobaan menggunakan prinsip interferensi gelombang cahaya dengan benar. C3= penerapan Setelah dipelajari, siwa mampu mengaitkan hubungan radiasi elektromagnetik dengan kehidupan sehari-hari dan pemanfaatannya dalam teknologi secara benar. C4 = Analisis Setelah dijelaskan, siswa mampu menganalisis parameter gelombang tegak dan gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata dengan baik dan benar. C5 = Sintesis
MAKALAH BELAJAR dan PEMBELAJARAN “KURIKULUM”
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pembentukan suatu organisasi yaitu untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Begitu pula dengan salah satu organisasi yang sangat besar seperti dunia persekolahan dalam tingkat nasional. Untuk mencapai tujuan pendidikan maka harus dibuat rancangan untuk mencapai tujuan tersebut agar dalam pelaksanaannya terorganisir dan terarah. Oleh karena itulah kita mengenal yang namanya kurikulum. Kurikulum berfungsi sebagai pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah bagi pihak-pihak yang terkait. Selain sebagai pedoman, bagi siswa kurikulum memiliki enam fungsi, yaitu: fungsi penyesuaian, fungsi pengintegrasian, fungsi diferensiasi, fungsi persiapan, fungsi pemilihan, dan fungsi diagnostik. Kurikulum dipersiapkan dan dikembangkan untuk mencapai tujuan pendidikan, yakni mempersiapkan peserta didik agar mereka dapat hidup di masyarakat. Makna dapat hidup di masyarakat itu memiliki arti luas, yang bukan saja berhubungan dengan kemamp